Wali Kota Terpopuler 2021, Danny Pomanto Urutan 8 dan Taufan Pawe 11

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Menutup tahun 2021, Indonesia Indicator (I2) merilis 25 figur Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2021. 

Berdasarkan porsi pemberitaan dalam media online. Dari 25 nama wali kota terpopuler, 13 di antaranya merupakan figur kepala daerah di Pulau Jawa, 10 figur berasal dari pulau Sumatera. Dan dua figur wali kota, berasal dari Sulawesi, yakni Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto dan Wali Kota Pare-pare.

Danny urutan kedelapan dengan 12.235 berita dan Taufan Pawe urutan kesebelas dengan jumlah berita 10.334.Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang menyebut figur-figur kepala daerah tingkat kotamadya ini umumnya diberitakan soal kondisi perkembangan status kasus Covid-19 di daerahnya. 

“Pemberitaan soal penanganan Covid-19 memiliki andil dalam mengangkat popularitas sosok kepala daerah di luar pulau Jawa. Kehadiran sosok kepala daerah di media, dapat menjadi kekuatan komunikasi publik. Akan semakin berimbang dengan hadirnya wakil kepala daerah,” jelas Rustika, Senin (3/1/2022).

Rustika menyebut bahwa nama-nama kepala daerah yang kerap masuk dalam jajaran tokoh terpecah dan influencer di media umumnya berasal dari Jawa dan Sumatera.

 “Memang selama ini Jawa – sentris, namun dalam beberapa waktu terakhir, kami menemukan bahwa sosok kepala daerah dari Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua semakin terpantau aktif muncul di media, untuk mengkomunikasikan capaian kinerja daerahnya,” ujarnya.

  • Bagikan