Ahmad Riza Patria Sebut Orang Tua Berhak Larang Anaknya Ikuti PTM jika Khawatir Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, orang tua berhak untuk melarang anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah jika khawatir dengan penularan Covid-19.

”Untuk PTM sekarang ini, masih ada kesempatan bagi para orang tua yang masih keberatan itu, nanti silakan dikoordinasikan dengan pihak sekolah,” kata Riza seperti dilansir dari Antara di Balai Kota Jakarta, Selasa (4/1).

Mantan anggota DPR itu menjelaskan, untuk mengikuti PTM secara terbatas di sekolah dikembalikan pada orang tua dan peserta didik masing-masing. ”Jadi memang diminta masuk sekolah PTM, namun kembali lagi haknya ada di siswa dan orang tua sendiri. Jadi orang tua yang akan memastikan apakah akan mengikuti atau bagaimana,” terang Riza.

Diketahui, meski saat ini ada varian baru Covid-19 yakni Omicron yang telah masuk ke Indonesia, Pemprov DKI Jakarta memutuskan tetap menggelar PTM terbatas dengan kapasitas 100 persen. Hal itu berdasar surat keputusan bersama (SKB) empat menteri yang merujuk pada penanganan Covid-19 di DKI Jakarta yang diklaim sudah terkendali.

”Tapi di Jakarta justru punya prestasi yang baik. Apa itu? vaksinnya di provinsi di seluruh Indonesia, DKI Jakarta tertinggi. Capaian vaksinnya sudah 120 persen dan terus akan kita tingkatkan,” tutur Riza.

Menurut dia, tren kasus Covid-19 di DKI Jakarta menurun karena sekaligus diperkuat dengan fasilitas kesehatan yang memadai. ”Jadi wajar kalau kami memberanikan diri melaksanakan apa yang menjadi ketentuan SKB empat menteri,” ucap Riza.

  • Bagikan