Bukan Hanya OPD Pemkot Makassar, Instansi Eksternal Bakal Gabung di Mal Pelayanan Publik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mal Pelayanan Publik (MPP) atau Government Center bakal menjadi salah satu program prioritas pemerintah kota Makassar tahun ini.

Pasalnya, Kementerian Menpan RB sendiri telah mendesak janji Wali Kota Makassar untuk segera membangun MPP tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Makassar, A. Zulkifli mengatakan pendirian Mal Pelayanan Publik bakal menjadi prioritasnya.

“Karena pemerintah pusat sudah mewajibkan semua kabupaten/kota harus melaksanakan mal pelayanan publik. Jadi Mal Pelayanan publik ini adalah versi terakhir terkait mengenai pelayanan perizinan,” katanya ketika ditemui Fajar.co.id, Selasa (4/1/2022).

Dia menjelaskan, Mal Pelayanan Publik ini merupakan versi ketiga. Karena sebelumnya ada pelayanan satu atap kemudian satu pintu.

Lebih jauh dia menyebut, bukan hanya OPD Pemkot Makassar yang akan tergabung dalam MPP, tapi juga instansi dari luar (eksternal) Pemkot Makassar.

“Inilah sementara kami lakukan pengkajian untuk membuat MoU dengan siapa-siapa saja yang bergabung. Apakah bisa dari imigrasi, mengurus paspor bisa disitu. Kemudian bisa juga dari OJK, dari perbankan,” sebutnya.

“Jadi mereka membuka semacam gerai disitu. Kalau misalnya ada Kementerian Agama bergabung mau urus haji bisa disitu,” sambungnya.

Dalam Permen pan RB kata dia, semua organisasi eksternal wajib bergabung untuk mendukung MPP.

Terkait desain kata dia, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sementara mendesain. Setelah desain selesai, baru koordinasi dengan pihak eksternal.

  • Bagikan