Cium Gelagat Aneh di Balik Penahanan HBS, Refly Harun: Saya Tak Bisa Ngomong Apa-apa Lagi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mencium sesuatu yang aneh di balik penahanan pendakwah Habib Bahar bin Smith (HBS) oleh Polda Jawa Barat.

Diketahui HBS langsung ditahan penyidik Polda Jabar usai menjalani pemeriksaan selama 11 jam, Senin malam (3/1/2022).

Menurut Refly Harun, Habib Bahar tak perlu ditahan karena dipercaya dia tak akan kabur atau melarikan diri. Pernyataan Refly Harun diungkap langsung di saluran Youtube-nya, Selasa (4/1/2022).

Refly Harun menyebut ada keanehan tindakan Polda Jabar menahan Habib Bahar. Karena kata dia, barang bukti sudah disita. Menurutnya, Habib Bahar tidak mungkin melarikan diri karena berani bertanggung jawab.

“Melarikan diri atau menghilangkan barang bukti, rasanya aneh saja. Karena barang bukti sudah disita,” ujar Refly Harun di kanal YouTube-nya.

“Kalau melarikan diri rasanya enggak mungkin, karena justru Bahar orang yang berani bertanggung jawab,” sambungnya.

Dia juga menyinggung betapa mudahnya negara menangkap orang atas sikap kritisnya. Sementara pihak-pihak pro pemerintah yang jauh lebih berisi ujaran kebencian dan penghinaan, jauh lebih banyak namun tak ditindak oleh aparat.

“Karena kalau ranah perbedaan pendapat begitu mudahnya dikriminalkan, kita akan bingung mau jadi apa negara ini. Atau misalnya politiknya satu diinjak, satu diangkat,” ujar dia.

“Saya tidak bisa ngomong apa-apa lagi, karena begitu mudahnya di negara ini oang dipenjarakan, ditahan dengan ancaman hukuman yang luar biasa, 6 tahun sampai 10 tahun hanya menyatakan sikap,” pungkasnya.(msn/fajar)

  • Bagikan