Pelantikan Andi Sudirman Sebagai Gubernur Definitif, Dewan Tunggu Instruksi Mendagri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Teka teki posisi Wakil Gubernur (Wagub) untuk mendampingi Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) nantinya masih bergulir. Mekanisme mesti melewati beberapa tahapan.

Di mana diketahui banyak hal yang mesti dilalui untuk mengisi posisi Wagub. Tidak serta merta dapat melakukan penunjukan langsung oleh partai pengusung.

Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah menuturkan, pembahasan terkait Wagub hingga saat ini belum ada masuk suratnya. Untuk mekanismenya Biro Pemerintahan Sulsel yang melaporkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait hasil putusan pengadilan.

Kemudian Mendagri yang akan memproses dan bersurut ke DPR untuk rekomendasi mengambil langkah selanjutnya. Jika sudah ada barulah DPR punya dasar untuk mengagendakan paripurna.

Kemudian untuk rapat paripurna itu akan ada tiga agenda, yakni pemberhentian tetap gubernur, pemberhentian wakil gubernur, dan pengusulan wakil gubernur sebagai gubernur definitif.

“Berdasarkan laporan Biro Pemerintahan dan hasil rapat paripurna Mendagri mengusulkan ke presiden untuk di-SK-kan untuk gubernur definitif,” ucapnya.

Jadi di DPR untuk melaksanakan penyelesaian politiknya. Kemudian di biro pemerintahan untuk penyelesaian aspek pemerintahannya. Untuk waktu yang dibutuhkan bergantung dari tiap tahapan yang dilalui.

“Ini bisa terlaksana segera kalau biro pemerintahan bergerak cepat dan Mendagri juga bergerak cepat. Pasti bisa itu terlaksana,” terangnya.

Untuk posisi Wagub, Ulla mengatakan baru bisa dibahas setelah keluar SK Presiden untuk Gubernur definitif. Jika itu sudah ada, Gubernur mengusulkan ke DPR calon-calon Wakil Gubernur.

  • Bagikan