Sidang Kasus Azis Syamsuddin, Aliza Gunado Mengaku Tidak Mengenal Saksi-saksi

  • Bagikan
Terdakwa Azis Syamsuddin menjalani sidang lanjutan kasus suap mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (13/12/2021). Sidang beragenda mendengarkan keterangan empat saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK salah satunya mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, Pengacara Maskur Husain, dan PNS Pemkab Kutai Kartanegara Adelina Safitri. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sidang lanjutan dugaan suap mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Pengadilan Tipikor Jakarta kemarin (3/1) menghadirkan empat saksi. Mereka dikonfrontasi satu sama lain. Salah satunya adalah orang kepercayaan Azis, Aliza Gunado.

Agenda konfrontasi keterangan itu dilakukan lantaran Aliza mengaku tidak mengenal saksi-saksi yang dihadirkan jaksa pada sidang sebelumnya. Para saksi tersebut adalah Aan Riyanto (mantan kepala seksi pengujian mutu di Dinas Bina Marga Lampung Tengah), Taufik Rahman (mantan kepala dinas bina marga), dan Darius Hartawan (konsultan proyek).

Di persidangan, Aliza tetap mengaku tidak mengenal para saksi tersebut. Padahal, ketiga saksi yang dihadirkan kompak mengaku mengenal Aliza. Bahkan, mereka menyatakan sempat bertemu dengan Aliza untuk menyerahkan uang pada 2017. ”Tidak kenal,” jawab Aliza saat ditanya majelis hakim pengadilan tipikor tentang saksi-saksi tersebut.

Di sisi lain, saksi Aan tetap bersikukuh memegang keterangannya. Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) itu mengaku menyerahkan uang total Rp 2,085 miliar kepada Aliza pada Juli 2017. Penyerahan uang dilakukan bertahap. ”Uang itu mau dikasihkan ke terdakwa (Azis Syamsuddin, Red),” ungkap Aan.

Aan mengetahui uang itu telah ditukarkan dalam mata uang dolar Singapura oleh Aliza melalui dua kawannya. Dia ingat betul ketika itu Aliza menunjukkan uang dolar hasil penukaran tersebut kepadanya.

  • Bagikan