Gurih Sedap Pa’piong Manuk Khas Toraja, Bikin Ngiler

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TORAJA – Tana Toraja, Sulawesi Selatan dikenal sebagai kota wisata dengan pesona alam dan budaya yang otentik. Adat istiadat turun temurun masih dipertahankan erat oleh masyarakatnya.

Tidak hanya wisata, Toraja juga memiliki kuliner tradisional yang unik dan tentunya maknyus. Namanya Pa’piong Manuk, makanan ini biasanya disajikan dalam acara-acara besar seperti pernikahan.

Pa’piong Manuk adalah makanan yang disajikan dalam potongan bambu yang sudah diisi dengan bahan-bahannya lalu dibakar sampai bambu agak kecoklatan.

Pa’Piong Manuk bisa dijumpai dalam gelaran Rambu Tuka’ (pernikahan) masyarat Toraja, dan juga biasa disajikan untuk tamu yang datang berkunjung atau bersilaturahmi.

Makanan ini tidak dijumpai dalam Rambu Solo’ (pesta orang mati). Manuk atau dalam bahasa Indonesia adalah ayam karena dalam adat Toraja Manuk tidak diperkenankan untuk acara orang mati karena Manuk hanya untuk Rambu Tuka’.

Bahan yang digunakan dalam membuat Pa’piong ini cukup sederhana hanya membutuhkan bambu, serai, daun bulunangko (mayana), atau biasa juga menggunakan burak punti (batang pisang muda), ayam, dan penyedap rasa.

Jadi teman-teman yang pergi melancong ke Toraja wajib mencicipi kuliner sedap nan unik ini. (mg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan