Hadapi Omicron, Persi Jawa Timur Beri Imbauan kepada Rumah Sakit soal Pelayanan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Masuknya varian baru Omicron di Jatim membuat seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 kembali siaga 1. Tak terkecuali rumah sakit (RS) di seluruh provinsi ini.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim baru saja melayangkan surat edaran ke RS. Surat itu berisi imbauan tentang teknis penanganan pasien Covid-19. Khususnya setelah varian Omicron ditemukan di Jatim.

Dalam edaran tersebut, salah satu yang menjadi atensi adalah persiapan ruang khusus untuk menangani pasien Covid-19, terutama ruang isolasi khusus. ”Saat ini yang terpenting adalah RS harus menyiapkan ruangan itu,” kata Ketua Persi Jatim Soebandi Hendro Soelistijono.

Selain itu, Persi mengimbau RS agar tidak terburu-buru mengubah ruang yang dulu dipakai untuk isolasi khusus pasien Covid-19 menjadi ruang umum. Jadi, jika sewaktu-waktu ada pasien Covid-19 yang dirujuk, rumah sakit siap menampung pasien dan memberikan penanganan.

Penyediaan ruang khusus itu disertai penataan jalur. Setiap RS diminta memisahkan jalur masuk ruang isolasi dan pelayanan umum. Tujuannya, mencegah tersebarnya virus dan mempermudah RS dalam menangani pasien.

Persi Jatim juga meminta seluruh RS kembali menyiapkan fasilitas maupun obat-obat penunjang bagi pasien Covid-19. Misalnya, oksigen, APD, masker, dan obat antivirus. ”Semuanya harus disiapkan,” ujarnya.

Soebandi menyatakan, prosedur ini penting dilakukan untuk mengantisipasi potensi penularan varian Omicron. Apalagi, saat ini jumlah warga yang datang ke rumah sakit untuk berobat kembali tinggi. Berbeda dengan situasi puncak pandemi pada pertengahan 2021. Warga dibuat enggan berobat ke RS.

  • Bagikan