Wacana Kepolisian di Bawah Kementerian, Begini Respons Partai Gerindra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wacana Polri di bawah lembaga kementerian terus bergulir, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad ikut angkat suara terkait usulan tersebut.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan usulan tersebut masih perlu dikaji secara mendalam. Mengingat tanpa adanya kajian, usulan tersebut hanya akan memunculkan kegaduhan ditengah masyarakat.

“Saya pikir apa yang disampaikan itu sebaiknya sudah melalui kajian dulu yang matang, sebelum kemudian dilemparkan ke publik. Apa lagi kemudian yang menyampaikan itu adalah pejabat di sebuah lembaga yang kita juga sama-sama tahu nanti bisa berpengaruh atau kemudian menimbulkan kegaduhan yang tidak perlu,” kata Sufmi Dasco, kemarin.

Ketua Harian DPP Gerindra itu juga menyebutkan, seorang pejabat negara, segala sesuatu yang disampaikan akan memiliki pengaruh.

“Oleh karena itu terlepas dari kemudian setuju tidak setuju itu sebaiknya kajian dibuat yang mendalam lalu kemudian disosialisasi dulu, terutama kepada stakeholder. Tentunya pembentuk undang-undang untuk kemudian ya nanti kita lihat itu bisa dilaksanakan atau tidak,” jelas Dasco.

Senada dengan atasannya, Anggota Komisi III DPR RI, Fraksi Gerindra, Habiburokhman, juga mengkritik usulan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Letjen TNI Agus Widjojo, terkait polri di bawah kementerian.

Menurutnya, usulan tersebut justru akan memperpanjang birokrasi antar lembaga tinggi negara.

“Saya pikir itu kenapa nggak malah lebih rumit ya usulan tersebut, karena tahun-tahun belakangan ini banyak usulan dari masyarakat untuk menyederhanakan badan-badan negara terlalu banyak kita komisi ini komisi ini komisi itu lewat ini dewan itu, sehingga lebih birokratis,” tegas Habiburokhman.

  • Bagikan