BMKG Perkirakan Hujan Lebat di 19 Provinsi, Ini Wilayahnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Kamis (6/1) hujan lebat dengan curah hujan di atas 50 mm per hari turun di 19 wilayah provinsi di Indonesia.

Hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Menurut ikhtisar cuaca harian yang disiarkan di laman resmi BMKG seperti dilansir dari Antara, hujan lebat berpotensi menyebabkan banjir di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.Sementara itu, cuaca di kota-kota besar di Indonesia umumnya berawan atau hujan ringan. Menurut prakiraan cuaca BMKG, cuaca Kota Banda Aceh dan Surabaya berawan pada siang hari dan cerah pada malam hari. Kota Jakarta, Bengkulu, Denpasar, dan Tarakan, cerah berawan dari siang hingga malam. Sedangkan Kota Jogjakarta, Jambi, Mataram, dan Palembang, berawan dari siang hingga malam.

BMKG menyebut, Kota Gorontalo diprakirakan cerah berawan pada siang hari dan hujan disertai petir pada malam hari, Kota Bandung, Palangka Raya, dan Manado, diprakirakan hujan ringan dari siang hingga malam, Kota Pontianak diprakirakan hujan sedang pada siang hari dan malamnya berawan. Sedangkan Kota Samarinda diprakirakan berawan pada siang hari dan hujan pada malam hari.

  • Bagikan