Dinas Kesehatan Surabaya Optimis Bisa Hadapi Covid-19 Varian Omicron

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukesi optimistis Kota Surabaya bisa lepas dari kasus Covid-19. Keyakinan itu didapatkan karena sistem surveilans yang dilaksanakan.

”Bismillah optimistis lepas dari Covid-19,” tutur Nanik, Kamis (6/1).

Sistem surveilans untuk mencegah penyebaran kasus tersebut dilakukan sejak kemarin (5/1). Antara lain, membuat surat edaran kepada direktur rumah sakit dan puskesmas se-Kota Surabaya tentang pencegahan dan pengendalian kasus covid-19 varian Omicron. Kemudian, upaya penemuan secara aktif kasus Covid-19 di OPD/instansi, kelurahan, kecamatan, pertokoan, mal, dan sekolah.

”Kasus positif Covid-19 yang ditemukan Dinas Kesehatan Kota Surabaya selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan mengirim sampel untuk diperiksa dengan metode SGTF (S Gene Target Failure) yang dikirim ke BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Surabaya dan WGS yang dikirim ke ITD (Institute of Tropical Disease) Unair,” urai Nanik.

Nanik berjanji, Dinkes Surabaya intens mencari kontak erat semua kasus konfirmasi Covid-19 maupun yang telah terkonfirmasi varian Omicron. Selanjutnya, setiap kontak erat tersebut, dilakukan pengambilan swab dan diperiksa dengan metode SGTF dan WGS.

”Kami juga melakukan isolasi kepada kasus yang terkonfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan di tempat yang sudah disediakan Pemkot Surabaya. Yakni di Hotel Asrama Haji (HAH), serta melakukan karantina kepada kontak erat kasus konfirmasi Covid-19,” papar Nanik.

  • Bagikan