Guru Honorer akan Unjuk Rasa di Gedung DPR RI dan Kemenpan RB

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih mengatakan akan menggelar unjuk rasa pada Kamis (6/1/2022) hari ini.

Menurut Heti, aksi tersebut bertepatan dengan pengumuman hasil pascasanggah PPPK guru tahap 2. Heti menjelaskan unjuk rasa tersebut menyasar dua lokasi, yaitu Gedung DPR RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Menurut dia, Forum Honorer telah menggelar aksi unjuk rasa di Kemendikbudristek dan Istana Negara, tetapi belum memberikan perubahan. “Besok (hari ini, red) kami demo ke DPR dan KemenPAN-RB,” kata Heti kepada JPNN.com, Rabu (5/1).

Dia menyebutkan aksi unjuk rasa 6 Januari sudah direncanakan lama. Mereka selalu menggelar aksi bertepatan dengan hari pengumuman.

Menurut dia, hal itu bertujuan agar pemerintah memberikan perhatian kepada guru honorer yang lulus passing grade, tetapi tidak punya formasi. “Kami lulus passing grade murni loh tanpa afirmasi. Kami tidak ikhlas bila yang lulus murni harus tersingkir,” ucapnya.

Dia menegaskan tuntutan mereka tetap sama yaitu memberikan formasi bagi guru honorer yang lulus passing grade. Kemudian tes PPPK guru tahap 3 tidak perlu digelar, tetapi langsung optimalisasi.

Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam suratnya tertanggal 1 Januari 2022 mengungkapkan pengumuman yang sedianya digelar 31 Desember 2021 diundur pada 6 Januari 2022.

  • Bagikan