MBR Bakal Ditempelkan Stiker Khusus Keluarga Prasejahtera

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Surabaya tengah memutakhirkan data masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Langkah itu dilakukan agar distribusi bantuan sosial (bansos) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) tepat sasaran. Tidak ada lagi data ganda.

Sebelum validasi data dimulai, kemarin (5/1) dinsos melakukan sosialisasi. Seluruh camat dan lurah diundang dalam kegiatan di Gedung Sawunggaling. Mereka mendapatkan pelatihan cara pengisian dan verifikasi data melalui website. Nanti camat dan lurah diminta ikut membantu proses verifikasi data hingga ke tingkat RT/RW.

Untuk memudahkan pemutakhiran data, dinsos sudah merancang sebuah website khusus. Namanya SIMBR. Lewat website tersebut, petugas tinggal memasukkan data warga yang sudah ditelaah.

”Para perangkat seperti RT/RW bisa memverifikasi data MBR di lingkungan masing-masing. Tinggal mengakses https://simbr-dinsos.surabaya.go.id,” jelas Kadinsos Surabaya Anna Fajriatin.

Berdasar data pemkot, jumlah MBR di Kota Surabaya terus berubah. Hingga 31 Desember 2021, total ada sebanyak 1.010.000 jiwa. Jumlah itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. Naik turunnya warga yang tidak mampu itu juga imbas pandemi Covid-19.

Anna menyampaikan, jumlah MBR memang sangat dinamis. Setiap bulan bisa saja terjadi perubahan. Bisa jadi saat ini yang bersangkutan masuk MBR. Namun, karena mendapat intervensi pemerintah, bulan depan yang bersangkutan sudah tidak masuk syarat MBR. ”Ini yang harus diverifikasi supaya datanya update terus,” tuturnya.

  • Bagikan