Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Mengutamakan Program Pengendalian Covid-19 pada 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh Kepala Daerah mengutamakan program pengendalian pandemi Covid-19 pada 2022 ini. Hal ini semata untuk menstabilkan perekonomian masyarakat.

“Yang paling utama sekali adalah pengendalian pandemi, karena ini menjadi kunci bagi kita untuk bisa mencapai target pendapatan sekaligus membuat dan mengeksekusi program sesuai dengan rencana belanja,” kata Tito dalam keterangannya, Kamis (6/1).

Tito mengingatkan jika pandemi tidak terkendali akan sangat sulit bagi daerah mencapai target pendapatan dan target belanja. Karena mengelola pemerintahan, baik di pusat maupun daerah sama, bagaimana caranya pendapatan lebih besar daripada belanja.

“Pendapatan yang banyak belanjanya kira-kira di bawah sedikit itu namanya surplus, jangan sampai target pendapatan tidak sampai belanjanya tinggi itu namanya defisit, tidak bisa di eksekusi,” ucap Tito.

Tito juga mengimbau Pemda bisa meningkatkan vaksinasi hingga 70 persen di setiap daerah. Dia pun mengharapkan tidak adanya lonjakan kasus Covid-19 setelah masa libur Natal dan Tahun Baru.

“Tingkat vaksinasi juga sudah di atas 70 persen. Terimakasih banyak, namun saya menyampaikan kepada Bapak Gubernur, Bapak-Ibu Bupati/Walikota supaya tidak boleh lengah. Kenapa?Karena kita sedang menunggu ini, massa yang sangat penting, yaitu setelah Natal dan Tahun Baru, kita lihat dua minggu ke depan, mudah-mudahan secara nasional tidak terjadi lonjakan signifikan,” harap Tito.

  • Bagikan