Calon Ibu Kota Negara Langganan Banjir? Pansus IKN Akan Terbang ke Kaltim

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tim Panitia Khusus Ibu Kota Negara (Pansus IKN) DPR berencana bertolak ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada 10 Januari pekan depan.

Di lokasi calon ibu kota negara baru itu, Pansus IKN akan mengecek secara langsung kebenaran kondisi wilayah calon ibu kota yang kerap dilanda banjir.

Anggota Pansus IKN, Hamka B Kady menyampaikan informasi mengenai banjir itu harus dibuktikan dulu, dimana titik banjir sebenarnya.

Karena kata dia, selama ini kabar tersebut menimbulkan tanda tanya.

“Kalau berdasrakan apa yang saya dapatkan informasi dari kementerian PUPR yang sebenarnya bukan daerah itu (lokasi ibu kota negara) tetapi di luar. Nanti kita lihat apakah memang benar bahwa di lokasi itu terjadi banjir atau tidak, yang jelas di medsos itu berkeliaran bahwa disitu banjir,” tutur Hamka, Jumat (7/1/2022).

Hamka juga mengatakan, untuk mengatasi persoalan banjir, PUPR tengah membangun bendungan di sekitar wilayah ibu kota negara.

“Bendungan sementara dibangun Kementerian PUPR agar ke depan tidak terjadi banjir seperti ketakutan kita selama ini,” ungkap politisi Golkar itu.

Selain itu, Tim Pansus juga akan melakukan konsultasi publik guna menyaring masukan dari luar terkait rencana pemindahan ibu kota. Konsultasi tersebut.

Konsultasi publik akan dilakukan di kampus-kampus seluruh Indonesia. Mulai dari wilayah Barat, Timur, maupun Tengah.

  • Bagikan