Covid-19 Varian IHU yang Dideteksi Ilmuwan Prancis Juga Tulari Anak-anak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PRANCIS — Muncul varian lain Covid-19 yang terdeteksi oleh ilmuwan Prancis. Varian itu kini dikenal sebagai varian IHU. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga tertular.

Varian IHU diambil dari nama peneliti yang berbasis di rumah sakit IHU Mediterranee di Marseille. Sebanyak 12 orang kemudian diidentifikasi memiliki strain. Mereka termasuk 7 orang dewasa dan 5 anak-anak.

Sebuah studi tentang varian tersebut belum ditinjau oleh rekan sejawat, tetapi temuan awal menunjukkan bahwa strain tersebut memiliki 46 mutasi, beberapa lebih banyak daripada Omicron yakni 37. Seperti yang dilaporkan oleh Evening Standard, para peneliti mengatakan terlalu dini untuk berspekulasi tentang seberapa berbahayanya mutan tersebut.

“Terlalu dini untuk berspekulasi tentang fitur virologi, epidemiologi, atau klinis dari varian IHU ini berdasarkan 12 kasus ini,” kata peneliti.

Ini belum menjadi varian kekhawatiran yang diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia namun masih diselidiki. Apa saja gejalanya?

Studi mengungkapkan kasus pertama yang diidentifikasi hanya mengalami gejala pernapasan ‘ringan’. Varian yang secara resmi dikenal sebagai B.1.640.2 pertama kali diidentifikasi di Prancis pada November dan orang yang terdeteksi baru saja kembali dari Kamerun. (jpg/fajar)

  • Bagikan