Unjuk Rasa Berhari-hari hingga Berujung Bentrok, Dubes RI untuk Kazakhstan Keluarkan Tujuh Imbauan kepada WNI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KAZAKHSTAN — Duta Besar RI untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman mengatakan kondisi warga negara Indonesia (WNI) saat ini dalam kondisi aman di negara Kazakhstan.

Hal ini dikatakan Fadjroel setelah terjadinya ujuk rasa berhari-hari terkait kenaikan harga bahan bakar. Sehingga mengakibatkan situasi yang kian memanas.

“Jadi kondisi WNI aman (di Kazakhstan-Red),” ujar Fadjroel kepada JawaPos.com, Jumat (7/1).

Selain itu, Fadjroel juga mengaluarkan tujuh imbauan kepada WNI yang berada di negara tersebut. WNI diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati.

“Pertama untuk selalu waspada dan berhati-hati,” imbuhnya.

Selajutnya imbauan kedua adalah WNI untuk menjauhi segala bentuk kerumunan massa. Mengingat saat ini situasi sedang tidak kondusif.

“Kedua menjauhi kerumunan,” katanya.

Kemudian ketiga, Fadjroel mengimbau kepada seluruh WNI untuk tidak berpergian keluar rumah. Terkecuali untuk keperluan yang mendesak.

“Ketiga, tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting,” ungkapnya.

Lalu keempat adalah mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat.

“Kelima tidak memberikan komentar yang bersifat publik terhadap perkembangan situasi dalam negeri Kazakhstan,” tuturnya.

Keenam, Fadjroel mengimbau agar para WNI saling berkomunikasi dengan sesama WNI yang berada di kota/wilayah masing-masing.

  • Bagikan