Jangan Takut! Godaan Setan Itu Lemah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kehadiran setan yang kerap menggoda manusia untuk berbuat yang dilarang Islam, ternyata hanya godaan yang lemah. Hal itu dijelaskan dalam surah An Nisa ayat 76.

“Sesungguhnya tipu daya setan itu lemah” demikian firman Allah, dalam surah yang terdiri dari 176 ayat itu.

Penceramah Ustaz Khalid Basalamah, menyampaikan, manusia sudah dibekali dengan kemampuan untuk menahan godaan setan. Tinggal manusia itu sendiri yang mengontrol kemampuannya itu dengan meningkatkan imannya.

“Kalau Allah haramkan sesuatu, maka Allah berikan kita kemampuan untuk meninggalkannya. Kalau Allah bebankan kewajiban, maka Allah berikan kemampuan untuk melaksanakannya,” katanya, dikutip dalam ceramahnya, Khalid Basalamah Official.

Manusia pun dilarang mengucapkan kalimat pengakuan yang menganggap godaan setan itu sangat kuat. Ucapan itu, kata Khalid, tidaklah benar.

“Jangan selalu katakan ‘setannya kuat nih’. Nah itu gak benar. Setannya lemah. Karena Allah katakan setannya lemah. Jadi yang bergejolak dalam jiwa ini harus kita kontrol,” jelasnya.

Lebih jauh, saat Allah pertama kali menciptakan Adam, dan Allah perintahkan iblis untuk sujud ke Adam, iblis sontak menolak. Iblis tergoda sendiri dengan godaannya yang menolak sujud kepada nabi pertama di muka bumi ini.

“Iblis saat tidak mau sujud kepada Adam, kan kita tahu, pimpinan setan adalah iblis. Pada saat itu siapa yang goda iblis? dirinya sendiri karena jiwa ini cenderung pada kebaikan dan keburukan. Tinggal kita kontrol,” tandasnya. (ishak/fajar)

  • Bagikan