7.005 Warga Kota Jayapura Terdampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor, Seratusan Korban Sakit di Pengungsian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA — Sebanyak 7.005 warga Kota Jayapura dilaporkan terdampak bencana banjir maupun tanah longsor. Ribuan warga yang terdampak itu bermukim di empat dari lima distrik yakni Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, dan Distrik Heram.

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru yang juga menjabat Ketua Tanggap Darurat Bencana Alam Kota Jayapura, Papua, mengatakan, ribuan warga yang terdampak itu sebagian besar enggan mengungsi. Mereka memilih tetap di rumah atau ke rumah sanak keluarga.

”Memang benar warga yang terdampak lebih memilih tetap di rumah masing-masing, namun ada dua lokasi yang menjadi tempat penampungan yang menampung warga yang mengungsi yakni GOR Trikora sebanyak 198 orang dan Diklat Sosial menampung 12 orang,” kata Rustan Saru seperti dilansir dari Antara di Jayapura, Minggu (9/1).

Pemkot Jayapura tidak membuka dapur umum namun kepada warga tetap diberi makan nasi bungkus tiga kali sehari. Ketika ditanya tentang warga yang sakit, Rustan Saru mengaku ada 105 orang sakit dan sudah ditangani tim medis.

”Sakit yang diderita warga itu di antaranya ISPA, gatal-gatal, dan darah tinggi,” jelas Rustan Saru.

Dia menambahkan, bencana alam yang terjadi Jumat (7/1) dini hari, selain menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir juga menyebabkan tujuh orang meninggal dunia akibat tertimbun longsor. ”Empat orang dirawat di sejumlah rumah sakit akibat luka yang dideritanya,” tambah Rustan Saru.

  • Bagikan