Beredar Video Ustaz Firanda Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan, Ternyata Ini Ceramah Lengkapnya

  • Bagikan
Ustaz Firanda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Beredar video ceramah dari Ustaz DR Firanda Andirja MA yang menyebut Wali Songo, Sunan Kalijaga adalah Wali setan. Potongan video ceramah itu tersebar luas di media sosial, terutama pengguna Twitter.

Benarkah demikian? FIN.CO.ID mencoba mencari video ceramah itu secara utuh. Melalui akun YouTube Tanya Jawab Islam, nampak jelas video itu diunggah secara utuh pada tanggal 28 Januari 2020.

Dalam video itu, Ustaz Firanda Andirja menjawab salah satu pertanyaan dari jamaahnya tentang Wali Songo.

“Apa Wali Songo yang ada dulu termasuk Wali Allah?” demikian pertanyaan tersebut.

Ustaz Firanda Andirja mengakui bahwa dirinya tidak tahu tentang sejarah Wali Songo, apalagi sampai dicap seseorang sebagai Wali Allah.

“Saya tidak tahu tentang mereka (Wali Song), saya katakan semua boleh jadi wali. Dan wali tidak terbatas pada 9. Siapapun boleh jadi wali, dan Wali tidak diukur dengan kesaktian,” kata Firanda, dikutip Senin 10 Januari 2022.

Ustaz Firanda mengatakan, label Wali Allah bukan hak manusia memberi label tersebut. Itu adalah hak Allah yang memberi gelar itu.

Manusia hanya bisa melihat seseorang itu saleh atau tidak dari amalannya yang nampak.

“Wali itu bukan stempel yang kita bikin. Wali itu dari Allah subhanahu wata’ala. Kita hanya bilang secara zohir (nampak) bahwa ini orang salih. Tidak ada masalah,” kata Firanda.

“Tetapi kalau kita mengatakan, ini wali berarti begini, bahwa itu perkara yang gaib. Tapi kita bilang zahirnya mereka orang-orang salih,” ucapnya lagi.

Ustaz Firanda mengatakan, dirinya tidak tahu tentang kesalihan 9 Wali Songo. Sebab tidak ada bukti autentik yang menjelaskan bahwa 9 Wali Songo adalah orang-orang salih.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan