Erick Thohir dan Ganjar Bahas Visi Indonesia Emas 2045 di USU Medan

  • Bagikan
Menteri BUMN, Erick Thohir

FAJAR.CO.ID, MEDAN– Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi keynote speaker pada Konferensi Indonesia Emas yang diadakan oleh Pemerintah Mahasiswa (Pema) di Auditorium Universitas Sumatera Utara, Minggu (9/1/2022).

Kegiatan bertema “Grand Design Menuju Indonesia Emas 2045: Mengulas Visi Indonesia Maju Presiden Jokowi” menghadirkan sejumlah narasumber. Yaitu, Meutya Hafid (Ketua Komisi 1 DPR RI), Bobby Nasution (Wali Kota Medan) dan Muryanto Amin (Rektor USU).

Erick Thohir dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya knowledge base economy demi mencapai Indonesia Emas 2045.

Menurut Erick, pertumbuhan ekonomi saat ini tidak boleh hanya bergantung pada sumber daya alam saja, sebab saat ini sudah eranya teknologi.

“Kita selama ini hanya masih berharap pada sumber daya alam, di mana bisa habis dan bisa tidak dipakai lagi kemudian hari. Makanya, tantangan kita ke depan terletak pada knowledge base economy. Sekarang eranya manusia yang jadi pusat pertumbuhan,” kata Erick Thohir

Dijelaskan, knowledge base economy adalah hal yang penting lewat skilled labor yang paham terhadap ekonomi. Apalagi pada 2045 mendatang, Indonesia butuh 17,5 juta tenaga kerja muda dan pengusaha muda yang profesional yang mengerti dan beradaptasi terhadap teknologi.

“Kalau kita hari ini kita lihat digitalisasi sekedar wifi, infrastruktur, tol dan lain-lain, ke depan infrastruktur digitalisasi yang sangat penting karena itu backbone dari kekuatannya. Apa yang namanya healthtech, fintech, edutech, mediatech semua ke arah tersebut,” katanya.

  • Bagikan