Proyek IKN Dikebut di Tengah Pandemi, Mardani PKS: Berpotensi Terbengkalai

  • Bagikan
Politikus PKS Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Politisi PKS, Mardani Ali Sera menyebut pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru tidak relevan untuk saat ini.

Mardani menilai pemerintah seharusnya lebih memprioritaskan pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 daripada memindahkan IKN.

Mardani khawatir jika proyek ambisius ini terus dilanjutkan maka akan berpotensi terbengkalai.

“Sangat tidak patut jika terus memprioritaskan pemindahan ibu kota pada masa pandemi Covid-19. Saat ini jelas, prioritas utama adalah penanganan pandemi serta pemulihan ekonomi melalui bantuan sosial. Proyek jangka panjang bernilai fantastis ini juga berpotensi terbengkalai,” ucap Mardani, Senin (10/1/2022).

Menurut Mardani, Skema KBPU yang ditawarkan tidak menjamin tidak adanya keterlibatan APBN dalam mendanai proyek IKN ini.

“Ketertarikan swasta pun masih dipertanyakan, di mana iklim investasi masih belum baik di tengah polemik UU Cipta Kerja,” lanjutnya.

Ia pun menyebut setelah Covid-19 mestinya pemerintah sadar bahwa ide memindahkan ibu kota sudah tidak relevan lagi.

“Pembangunan manusia jauh lebih penting, apalah artinya Ibu Kota baru yang hebat tapi masyarakatnya rentan. Perlu dipikirkan model pembangunan Indonesia yang baru dengan pendekatan yang baru,” pungkasnya.

  • Bagikan