Covid-19 Varian Omicron Merangkak Naik di DKI Jakarta, Wagub Ahmad Riza Patria Sampaikan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jumlah kasus positif Covid-19 termasuk varian Omicron atau B.1.1.529 di DKI Jakarta, merangkak naik dalam beberapa waktu terakhir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan jumlah kasus Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta per Senin (10/1) kemarin mencapai 414 kasus. Kemudian untuk jumlah kasus positif harian di DKI bertambah sebanyak 360, bahkan kasus aktif mencapai 2.140.

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) jadi mayoritas pasien Omicron

Mayoritas, jumlah kasus ini berasal dari PPLN. Sisanya berasal dari transmisi lokal (non-PPLN). Menurut Riza, meningkatnya jumlah kasus ini bukan karena tidak diawasi oleh Pemprov DKI. Melainkan, tingginya aktivitas masyarakat terutama yang datang dari luar negeri. “Kami tentu memperhatikan, setiap saat diperhatikan dan sudah mencapai 414 omicron,” ucap Riza.

Kendati demikian, Riza mengaku DKI sudah siap menghadapi gelombang ketiga. Persiapan ini dari dimulai dari fasilitas kesehatan, tenaga medis, hingga persiapan dari pimpinan daerah. “DKI sudah mempersiapkan tidak hanya sekarang, tapi tahun lalu juga ada potensi kemungkinan gelombang ketiga kami sudah melibatkan semua,” tambah Riza.

Pakar sebut baru awal

Merebaknya varian yang pertama ditemukan di Afrika Selatan ini, disebut baru awal. Hal ini diutarakan oleh Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman. Dia memprediksi kasus Omicron justru bakal terus meningkat dalam beberapa waktu ke depan, bahkan di seluruh Indonesia. “Ini baru awal, masih sangat awal. Dan ingat Indonesia memang berpola seperti ini, yang lambat,” ucap Dicky saat dihubungi JPNN.com.

  • Bagikan