PTM Mulai Dilakukan, P2G Ada Kekhawatiran tentang Penculikan Anak

  • Bagikan
Sejumlah orang tua murid menjemput anaknya usai mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Labu 01, Jakarta, Senin (3/1/2022). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah mulai hari Senin (3/1). Relaksasi kebijakan ini sesuai dengan kondisi PPKM Level 1 yang diterapkan di Jakarta. FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah mulai dilakukan secara penuh. Namun, dibalik euforia kembalinya aktivitas sekolah, terselip kekhawatiran akan adanya tindakan kriminal, seperti kasus penculikan.

Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mengakui bahwa kasus-kasus percobaan penculikan anak ini cukup banyak terjadi, khususnya untuk jenjang SD. Menurutnya, hal ini harus segera dicegah dengan pengawasan ketat ketika jam pulang sekolah.

Kata dia, pengawasan yang perlu dilakukan pada jenjang SD ini, guru dan wali kelas pada jam pulang sekolah perlu mengkroscek dan mengawasi peserta didik. Misalnya, ketika anaknya tidak dijemput ketika pulang sekolah, wali kelas perlu segera menghubungi orang tua anak tersebut.

“Bisa dilakukan pulangnya bersamaan kalau jarak antara rumah dan sekolahnya dekat, jadi mereka berkelompok,” ungkap dia kepada JawaPos.com, Selasa (11/1).

Tips kedua adalah selain saling mengawasi oleh wali kelas dan orang tua, yang perlu diawasi juga adalah pengawasan bermain internet. Sebab, mereka bisa saja berkenalan dengan orang yang memiliki niat tidak baik.

“Ketika anak-anak kenal dengan orang yang baru diketahui di medsos dan janjian ketemu, ini perlu hati-hati, perlu mengawasi anak di medsos,” tuturnya.

Kemudian, Satriwan juga mengajak orang tua dan guru untuk mengedukasi anak ketika berhadapan dengan orang yang tidak dikenal. Pasalnya, kerap kali anak-anak tidak bisa bereaksi ketika bertemu dengan orang tak dikenal dan hanya mengikuti arahannya saja.

  • Bagikan