Rumah Hasil Donasi untuk Anak Vanessa Angel Terancam Disita, Begini Penjelasan Kemensos

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sepeninggalan artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Ardiansyah akibat kecelakaan pada November 2021 lalu, anak semata wayangnya, Gala Sky Adriansyah jadi anak yatim.

Kini Gala dirawat oleh kakeknya atau ayah dari almarhum Febri Ardiansyah. Sejak saat itu, banyak relawan dari beberapa wilayah di Indonesia, mengirimkan donasi untuk bocah satu tahun itu.

Hasil donasi itu pun dipakai untuk membeli rumah. Namun sayang, rumah itu terancam disita karena donasi itu tak mengantongi izin dari pemerintah, melalui Kementerian Sosial RI.

Pasalnya, donasi itu dikumpulkan dari luar provinsi. Lalu, bagaimana aturan penggalangan dana yang sesuai aturan?

Dikutip dari laman resmi Kemensos RI, hal itu tertuang dalam UU Nomor 9 tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang Pasal 2:1.

Pengumpulan uang dan barang atau sumbangan harus dengan izin lebih dahulu dari pejabat yang berwenang. Jika tidak berizin, maka akan mendapat sanksi sesuai Pasal 8 yaitu pidana kurungan selama-lamanya 3 bulan atau denda setinggi-tingginya Rp10.000.

Namun, meminta sumbangan untuk pembangunan tempat peribadahan dan dilakukan khusus di tempat-tempat ibadah atau lingkungan terbatas, maka berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan, tidak memerlukan izin penyelenggaraan.

Sedangkan meminta sumbangan terkait selain itu, termasuk untuk kegiatan sosial, kemanusiaan, dan bantuan sosial bencana alam, harus memperhatikan Peraturan Daerah (Perda) masing-masing.

  • Bagikan