Hari Ini, Mantan Penyidik KPK Robin Pattuju Jalani Sidang Putusan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain, akan menjalani sidang pembacaan putusan majelis hakim. Kedua terdakwa akan dihadirkan langsung ke dalam ruang persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (12/1).

“Hari ini (12/1) diagendakan pembacaan putusan Majelis Hakim dengan Terdakwa Stephanus Robin Pattuju dkk,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya.

Ali memastikan, tuntutan JPU terhadap Robin berdasarkan fakta yang didapat dalam persidangan. Dia pun meyakini, dakwaan Jaksa terhadap Robin dan Maskur Husein terbukti.

“Sehingga Terdakwa Stephanus Robin Pattuju dkk akan dinyatakan bersalah dan dihukum sebagaimana tuntutan Jaksa,” tegas Ali.

Stepanus Robin Pattuju oleh jaksa penuntut umum (JPU) dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan. Robin Pattuju diyakini menerima suap senilai Rp 11.025.077.000 dan USD 36.000 dari berbagai pihak terkait pengurusan perkara.

Mantan penyidik KPK asal Polri ini juga dituntut untuk membayar uang pengganti senilai Rp 2,32 miliar. Pidana berupa uang pengganti itu dibayarkan selambat-lambatnya sati bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika dalam waktu tersebut tidak membayar uang pengganti maka harta bendanya disita oleh jaksa untuk dilelang, guna menutupi uang pengganti tersebut. Sementara itu, apabila tidak mempunya harta benda yang tercukupi untuk mengganti uang pengganti maka diganti pidana penjara selama dua tahun.

  • Bagikan