Pekan Depan DPR Rencana Sahkan RUU TPKS, Amelia Anggraini Harap Berjalan Cepat Tanpa Drama

  • Bagikan
Jaringan Pembela Hak Perempuan Korban Kekerasan Seksual melakukan aksi menuntut pengesahan RUU TPKS di depan kompleks parlemen, Rabu (23/12/2021). Dalam aksinya mereka mendesak DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) sebagai RUU inisiatif DPR di awal 2022. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem Amelia Anggraini mengapresiasi langkah cepat pimpinan DPR yang secara resmi menjadwalkan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS), pada sidang paripurna pekan depan.

“Kita berharap proses pengesahan di DPR minggu depan berjalan mulus tanpa ada hambatan apapun. Proses pengesahan di DPR akan cepat tanpa drama agar Indonesia mempunyai hukum lex specialis RUU TPKS,” ujar Amelia Anggraini kepada wartawan, Selasa (12/1).

Diketahui, Ketua DPR Puan Maharani dalam pembukaan Sidang Paripurna DPR hari ini menyinggung RUU TPKS yang dijadwalkan akan disahkan sebagai RUU inisiatif DPR pada Selasa, 18 Januari 2022.

Meski sudah dijadwalkan, Amelia mengatakan Partai Nasdem akan terus mengawal agar RUU TPKS disahkan sesuai komitmen DPR.

“Kita akan mengawal dan memastikan semuanya berjalan sesuai dengan komitmen DPR dalam paripurna hari ini,” katanya.

Langkah konkretnya, DPP Partai Nasdem akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi secara intens dengan Ketua Panja RUU TPKS, AKD (Alat Kelengkapan Dewan), dan pimpinan DPR guna memastikan semuanya berjalan baik tanpa kendala.

Anggota DPR periode 2014-2019 itu menerangkan jika langkah taktis perlu dilakukan agar tidak ada lagi upaya untuk menggagalkan RUU TPKS.

“RUU TPKS sifatnya sangat urgen. Kaitannya sangat sistemik dalam hukum positif di Indonesia, dimana RUU ini akan mengubah paradigma dan penanganan hukum bagi korban kekerasan seksual,” katanya.

  • Bagikan