Hukum Jual Beli Mystery Box di Marketplace, MUI: Haram!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel mengeluarkan fatwa haram kepada setiap transaksi jual beli Mistery Box di Marketplace.

Ada beberapa pertimbangan sehingga MUI mengeluarkan fatwa haram, pertama, Mengandung maisir (spekulasi), garar (penipuan), dan jabalah (ketidakjelasan barang) serta tadlis (pemalsuan);

Kedua, tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli secara syar’i; dan ketiga tidak memberi hak khiyar (memilih) bagi pembeli.

Untuk itu, MUI Sulsel merekomendasikan agar masyarakat menghindarkan diri dari transaksi jual beli yang mengandung unsur maisir (spekulasi), gurur (penipuan), dan jahalah (ketidakjelasan barang) serta ladlis (pemalsuan)

Kepada pihak marketplace untuk tidak menyediakan ruang untuk transaksi jual beli mistery box

Kepada Pemerintah hendaknya mengawasi transaksi yang dapat merugikan masyarakat.

Ketua Umum MUI Sulsel Prof Najamuddin mengatakan, Fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika pada kemudian hari ternyata dibutuhkan perbaikan, akan diperbaiki dan disempurnakan sebagaimana mestinya.

“Setiap muslim dan pihak-pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya, menghimbau semua pihak untuk menyebarluaskan Fatwa ini,” pungkasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan