KPU RI Bakal Optimalkan Teknologi Informasi pada Pemilu 2024 Mendatang

  • Bagikan
Sosialisasi teknologi informasi dari KPU RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mensosialisasikan pemanfaatan teknologi informasi yang akan digunakan untuk gelaran Pemilu serentak 2024 mendatang.

Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Pemilu Tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Dewa menyebut teknologi ini merupakan penyempurnaan teknologi informasi yang digunakan pada pemilu 2019 lalu.

“Ini merupakan penyempurnaan dari masterplan sebelumnya dengan mengakomodasi perkembangan-perkembangan teknologi komunikasi yang ada dan juga kebutuhan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan ke depan,” ucapnya dalam sambutan.

Lebih lanjut ia berharap penyempurnaan teknologi ini akan membantu pada tahapan pemilu yang akan datang.

“Keberadaan teknologi komunikasi dan informasi ini yang dimanfaatkan secara tepat diharapkan akan membantu efektivitas dan efisiensi KPU dalam penyelenggaraan pemilu kedepan,” lanjutnya.

Saat ini KPU mengembangkan sistem informasi berbasis web, berbasis mobile, dalah sarunya adalah aplikasi sidalih berkelanjutan untuk kebutuhan pemilu mendatang.

“Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah seorang warga negara telah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” lanjutnya.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan partai politik, Bawaslu dan DKPP ini merupakan bagian dari kesungguhan KPU RI dalam mempersiapkan pemilu 2024 sejak dini. (zaki/fajar)

  • Bagikan