Tangkap Ikan di Wilayah NKRI, Tiga Kapal Berbendera Vietnam Diciduk TNI AL

  • Bagikan
Kapal berbendera Vietnam yang diamankan TNI AL.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga kapal ikan berbendera Vietnam didapati oleh aparat TNI AL menangkap ikan di wilayah NKRI. Tepatnya di Laut Natuna Utara, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Dikutip dari unggahan resmi TNI AL di Instagram, kapal berbendera negara Vietnam yang menangkap ikan secara ilegal itu, berdasarkan hasil deteksi radar. TNI AL pun sigap mendatangi kapal itu di tengah laut.

Hasilnya, nelayan itu telah menangkap ikan dengan menggunakan pukat tarik.

“Kami mendeteksi sebuah kontak tanpa lampu, kemudian kami dekati dan teridentifikasi sebagai sebuah kapal penangkap ikan Vietnam, selanjutnya kami lakukan prosedur pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid),” kata Komandan KRI TPD-381 Letkol Laut (P) Irwan, dikutip, Kamis (13/11/2022).

Pihak TNI AL yang mendekati kapal itu, melakukan penggeledahan dan interogasi. Hasilnya, dokumen resmi para awak kapal itu tidak ditemukan.

“Diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan ZEEI tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah,” tambahnya

“Atas dugaan awal tersebut, kami melakukan penangkapan dan mengawal KIA BTH 2122 TS beserta 12 orang ABK termasuk Nakhoda dan KKM menuju Dermaga TNI AL Sabang Mawang Lanal Ranai guna proses lebih lanjut,” tegas dia. (Ishak/fajar)

  • Bagikan