Sempat Dibantah Dahnil Anzar, Media The Jerusalem Post Sebut Prabowo di Balik Normalisasi Hubungan Israel-Indonesia

  • Bagikan
Prabowo Subianto tertangkap kamera tengah berbincang dengan Kuasa Usaha Israel untuk Bahrain, Itay Tagner (Foto: AFP/MAZEN MAHDI) Baca artikel detiknews, "Prabowo Berbincang dengan Wakil Israel di Bahrain, Jubir Beri Penjelasan" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5820572/prabowo-berbincang-dengan-wakil-israel-di-bahrain-jubir-beri-penjelasan. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Indonesia dan Israel disebutkan sedang berupaya membangun hubungan diplomatik formal. Diketahui selama ini kedua negera tak menjalin hubungan diplomatik.

Kabar upaya normalisasi hubungan antara Israel dan Indonesia itu semakin santer terdengar dalam beberapa waktu terakhir, khususnya setelah Abraham Accords (Perjanjian Abraham) yang melibatkan negara-negara Arab pada akhir 2020.

Abraham Accords merupakan pernyataan bersama antara Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain untuk normalisasi hubungan yang dimediasi AS.

Terbaru, media ternama di Israel The Jerusalem Post menyebutkan, negosiasi untuk normalisasi hubungan Indonesia dan Israel tengah dilakukan, dengan tokoh utamanya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lewat artikel bertajuk “How agriculture led Indonesia‚Äôs defense minister to talk normalization with Israel” yang dirilis pada Selasa (11/1), dijelaskan bahwa kerjasama pertanian telah memainkan peranan besar dalam negosiasi tersebut.

Bahkan disebutkan, Indonesia dan Israel telah melakukan serangkaian pertemuan dalam beberapa bulan terakhir pada tahun 2021.

Pada November lalu, Prabowo bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Eyal Hulata dalam sebuah konferensi di Manama. Sebuah foto yang menunjukkan Prabowo tengah berbincang dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner juga sempat ramai diperbincangkan pada acara yang sama.

Dari laporannya, media Israel tersebut menulis, upaya normalisasi hubungan juga berkaitan dengan rencana Prabowo untuk ikut dalam bursa Pilpres untuk kesekian kalinya pada tahun 2024.

  • Bagikan