Warna Seragam Satpam Diganti Lagi, Pengadaannya Dibebankan ke Siapa?

  • Bagikan
Ilustrasi seragam satpam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana pergantian seragam Satpam yang kedua kalinya dari warna cokelat menjadi krem jadi perbincangan kembali. Polisi menyebut, seragam Satpam warna cokelat yang dipakai saat ini dianggap selalu membuat masyarakat bingung.

Karo Penmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, seragam baru Satpam nantinya akan berwarna krem. Ini nantinya akan dikenalkan pada HUT Satpam.

Sebelum dikeluarkan, pihaknya lebih dulu akan membuat Peraturan Polri (Perpol) sebagai dasar hukum pergantian seragam Satpam yang baru, agar tidak sama lagi dengan seragam polisi.

“Kapan akan dikeluarkan, tentu akan ada Perpol dulu yang atur tentang seragam satpam. Efektinya diberlakukan setahun setelah perpol terbentuk,” katanya kepada wartawan, di kanal YouTube Div Humas Polri, Jumat (14/1/2022).

“Ini msih proses pengkajian. Ini ada baju dan celana. Ini yang dikaji adalah baju. Ini baju akan diganti lebih muda dari baju polri. Celana tetap. Rencana akan diperkenalkan pada saat HUT Satpam. Nanti akan digelar 31 Januari 2022,” sambung dia.

Lantas, bagaimana dengan anggaran pengadaan seragam baru Satpam yang warga krem itu? Brigjen Ahmad enggan mengurusi itu.

Anggaran pengadaan baju baru Satpam yang baru, nantinya akan ditanggung oleh perusahaan petugas Satpam itu bekerja. Kata Ahmad, tidak mungkin Polri memberikan anggaran kepada Satpam karena tak masuk struktural Polri.

  • Bagikan