5 Tips Mendapatkan Peluang Lolos Jalur SNMPTN 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ada beberapa macamnya, salah satunya adalah SNMPTN. Jalur masuk ini tergolong istimewa karena tidak memungut biaya sepeser pun dan tidak perlu mengikuti tes.

Tapi di sisi lain, seleksi SNMPTN sangat ketat karena diikuti oleh ribuan peserta berprestasi dari seluruh Indonesia. Supaya memiliki peluang diterima di PTN impian lewat jalur SNMPTN, kamu harus memiliki strategi.

Artikel ini akan membahas tips-tips agar meningkatkan peluang kamu lolos jalur SNMPTN 2022. Apa saja itu? Baca artikel ini sampai selesai.

  1. Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah menjadi indikator penting untuk menentukan kuota peserta SNMPTN yang memenuhi syarat (eligible).

Sekolah dengan akreditasi A mendapat kuota sebesar 40% siswa terbaik di sekolahnya. Lalu, sekolah akreditasi B mendapat kuota sebesar 25% siswa terbaik di sekolahnya. Sedangkan akreditasi C mendapat kuota sebesar 5% siswa terbaik di sekolahnya.

Selain itu, sekolah yang boleh mendaftarkan siswanya di SNMPTN haruslah memiliki kurikulum nasional.

  1. Nilai Rapor

Tidak ada nilai yang menjadi patokan agar bisa diterima SNMPTN. Namun, yang perlu diperhatikan adalah nilai selama semester 1 – 5 diupayakan stabil.

Akan tetapi, jika nilai terus naik, maka lebih baik. Kamu bisa mengikuti kursus seperti memanggil guru privat atau bahkan daftar di bimbel online  untuk menjaga nilai rapor tetap stabil.

  • Bagikan