Jokowi Tinjau Proyek KCJB, Pembangunan Tunnel 2 Bermasalah

  • Bagikan
Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Peninjauan dilakukan untuk melihat langsung terowongan atau tunnel 2 yang dikabarkan bermasalah.

“pada siang hari ini saya melakukan peninjauan, melihat progres perkembangan kontruksi kereta cepat Jakarta-Bandung,” kata Jokowi (17/1/2022).

“utamanya di trowongan 2, yang memang disini ada masalah teknis yang harus kita selesaikan,” sambung Jokowi.

Dari keterangan tim lapangan, proyek pembangunan tunnel 2 terkendala karena melewati tanah yang lunak atau lempung.

“keterangan yang ada di lapangan, dirut KCIC juga dari Menkomarinvest, juga dari Kementrian PU, bahwa terowongan ke-2 ini memang berjalanya agak lambat. karena memang jenis tanah yang ada di sini perlu dikerjakan dengan hati-hati,” terang Jokowi.

Meski menemukan masalah dalam tunnel 2, saat ini proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah selesai hingga 79,9%. dan Jokowi prediksi pada akhir tahun 2022, KCJB sudah bisa dilakukan uji coba.

“sampai saat ini secara keseluruhan kereta cepat Jakarta-Bandung telah di selesaikan 79.9%, yang kita harapkan nanti di akhir tahun 2022 sudah bisa diuji coba. dan pada bulan juni 2023 bisa kita operasionalkan,” pungkas Jokowi.

Selesainya proyek kereta cepat jakarta bandung, diharapkan bisa mempercepat mobilitas masyarakat dan barang. ditambah bisa mengatasi kemacetan dan bisa menjadi daya saing negara Indonesia.

  • Bagikan