Mengenal Stock Opname, Kapan dan Tips Pengelolaan Menggunakan Aplikasi Stok Barang

  • Bagikan
Aplikasi Stok Barang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Dalam kegiatan perusahaan, salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan adalah perhitungan jumlah barang di gudang. Kegiatan ini membutuhkan upaya besar bagi pelaku bisnis terutama jika mereka masih bekerja pada pencatatan barang secara manual.

Untuk alasan ini, memahami pengertian stock opname, manfaat dan prosesnya dapat membuat bisnis berjalan dengan lancar, khususnya dengan menggunakan aplikasi stok barang.

Pengertian Stock Opname

Stock opname adalah aktivitas perhitungan jumlah stok barang atau produk yang menumpuk di gudang atau di toko sebelum barang tersebut dijual kepada pelanggan.

Selain itu dapat juga diartikan sebagai salah satu teknik monitoring item dalam suatu perusahaan untuk mengontrol kompatibilitas antara jumlah stok barang fisik dan catatan pembukuan atau data di komputer.

Karena jika seseorang melakukan kesalahan dalam menentukan jumlah produk, maka secara otomatis akan mempengaruhi jumlah produk itu sendiri. Apalagi ketika produk akan dijual.

Kegiatan inventarisasi barang sangat menguras waktu ketika dilakukan dengan proses manual. Karena manajemen atau petugas auditor harus memeriksa langsung ke gudang untuk mengetahui jumlah barang dengan benar.

Tetapi untuk saat ini aktivitas penghitungan barang ini lebih mudah. Apalagi sekarang telah didukung oleh teknologi canggih yang dapat mendukung aktivitas menghitung barang ini, yaitu menggunakan barcode.

Barcode adalah diagram bar yang dilengkapi dengan kode angka yang menandakan jenis dan harga barang. Meskipun ada barang serupa tetapi pasti akan menjadi kode barcode yang berbeda untuk setiap item.

  • Bagikan