Ketua DPD RI : Faktor Utama Pengembangan Digitalisasi di Tanah Air Adalah Kesiapan SDM

  • Bagikan
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Berikan Arahan Secara Daring

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan, kebutuhan paling mendasar dalam pengembangan digitalisasi di Tanah Air adalah kesiapan Sumber Daya Manusia. Pernyataan itu disampaikan LaNyalla saat membuka secara virtual program BISA AI Academy, di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

“SDM adalah pilar dasar dalam ekosistem inovasi digital. Ada data yang menyebutkan, pada 2030, Indonesia butuh 17 juta SDM di bidang digital dengan kemampuan teknologi informasi yang memadai. Ini perlu dipersiapkan dengan baik,” kata LaNyalla.

Oleh karena itu, DPD RI akan terus mendorong pengembangan SDM dengan kompetensi digital. Tidak hanya terpusat di kota besar, tapi di seluruh pelosok Tanah Air, melalui sistem pendidikan yang baik, termasuk melalui dunia vokasi. dan tentu saja akan melalui keterlibatan sektor swasta.

“Sehingga kami mengapresiasi kolaborasi BISA AI Academy bersama Huawei, Oudpro Indonesia dan Pusat Studi Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta yang menyelenggarakan program untuk mendorong mahasiswa mengasah kemampuan wirausaha dalam menciptakan Start Up. Program-program seperti ini harus didukung terus,” paparnya.

Selain penyiapan SDM, menurut LaNyalla, DPD RI juga akan mendorong agar pemerintah mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi yang memang belum merata antara kawasan barat dan timur Indonesia.

“Tanpa pemerataan infrastruktur telekomunikasi, tentu akan sulit untuk  menciptakan pengusaha-pengusaha kreatif dengan sentuhan digital di pelosok-pelosok negeri,” jelasnya.

  • Bagikan