Gus Mus Beberkan Bukti Gus Dur Adalah Wali Allah

  • Bagikan
Abdurrahman Wahid atau Gus Dur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gen ulama mengalir di dalam darahnya. Tak heran jika tindak-tanduknya selalu berasaskan pada ketuhanan. Ialah KH Abdurrahman Wahid atau yang karib disapa Gus Dur layak dikategorikan sebagai wali Allah.

Tak jarang tindak-tindaknya semasa hidup berada di luar nalar manusia biasa. Salah satu keunikan Gus Dur yang diakui banyak orang adalah kelebihannya mengetahui peristiwa sebelum kejadian.

Sahabat karibnya, KH Mustofa Bisri alias Gus Mus menyebut Gus Dur merupakan sosok setingkat dengan wali Allah. Ia yakin betul dengan pernyataannya itu.

“Saya yakin Gus Dur wali karena ada tanda-tandanya. Gus Dur tidak pernah ditaklukkan oleh rasa takutnya dan tidak pernah merasa bersedih,” kata Gus Mus saat mengisi tausiyah dalam acara Haul Gus Dur di Solo belum lama ini.

Kocaknya ketika Gus Dur disejajarkan dengan wali, dia selalu mengelak. Gus Dur malah berkelakar bahwa dia adalah seorang wali murid.

Pimpinan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang itu mencontohkan bahwa Gus Dur pernah hidup melarat sampai-sampai harus berjualan es sambil membawa termos kemana-mana.

Namun Gus Dur tak pernah merasa dirinya sedang kesusahan. Juga tidak merasa dirinya melarat.

“Bahkan saat diminta lengser (dari kursi presiden) ya lengser, gitu aja,” ungkapnya.

Saat angkat kaki dari Istana, lanjut Gus Mus, Presiden ke-4 RI itu tidak menampakkan kesedihan sedikit pun.

  • Bagikan