Israel Siap Bantu UAE Gempur Milisi Houthi

  • Bagikan
Israel - UAE

FAJAR.CO.ID, UAE — Serangan pesawat tanpa awak (drone) yang menyasar kawasan industri Musaffah ICAD 3, dekat unit penyimpanan ADNOC di Abu Dhabi telah menewaskan tiga pekerja migran dan melukai enam lainnya.

Serangan drone Houthi itu langsung direspon serangan balasan Koalisi Arab Saudi yang merupakan mitra UAE ke markas Houthi di Sana’a, Yaman Utara, sehari setelahnya.

20 orang dilaporkan tewas dalam serangan udara mematikan itu, termasuk salah seorang pimpinan Houthi, Abdullah Qassim Al-Junaid.

Atas peristiwa itu, AS bersumpah akan meminta pertanggungjawaban Houthi atas serangan yang juga dikutuk oleh PBB, Uni Eropa, Inggris dan Prancis, dan seluruh Negara Teluk dan Timur Tengah, termasuk Israel.

Menlu AS Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan berjanji untuk mengkoordinasikan respon balasan dengan pejabat UAE.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengirim surat belasungkawa kepada putra mahkota Abu Dhabi, dan menawarkan dukungan keamanan dan intelijen untuk membantu UAE melindungi warganya dari serangan serupa.

“Saya telah memerintahkan badan keamanan Israel untuk memberikan bantuan apa pun kepada rekan-rekan di UEA, jika Anda tertarik. Israel berkomitmen untuk bekerja sama dengan Anda dalam pertempuran yang sedang berlangsung melawan pasukan ekstremis di kawasan itu, dan kami akan terus bermitra dengan Anda untuk mengalahkan musuh bersama kami,” kata Bennett dilansir ArabNews, Rabu, 19 Januari 2022.

  • Bagikan