Kisah Sedih di Balik Penampilan Garang Habib Kribo, Dermawan dan Pernah Jatuh Miskin

  • Bagikan
Zen Assegaf alias Habib Kribo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Zen Assegaf alias Habib Kribo alias Zen Kribo belakangan mencuri atensi publik. Gayanya yang ceplas-ceplos menyuarakan toleransi umat beragama, moderasi, hingga anti khilafah membuatnya makin populer.

Salah satu pernyataan kontroversialnya saat ia menyebut bangsa Arab tidak akan punya kehormatan jika tak ada ka’bah disana. Dalam video itu, dia menyebut Arab tidak memiliki budaya.

Lantas siapa sebenarnya Habib Kribo ini?

Ini adalah sisi lain dari kehidupan Habib Kribo. Kesaksian itu diutarakan Habib Bakar Smith dalam sebuah utas di laman Twitter pribadinya @BakarSmith, dikutip fajar.co.id, Rabu (19/1/2022).

Banyak yang hanya menilai orang dari outlook dan kesantunan yang dikemas demi pencitraan.

Di balik gaya bicara kasar dan penampilan garangnya ketika bicara tentang intoleransi depan kamera, Habib Bakar menyatakan ada desir kelembutan hati dan belur derita besar yang mengiringi setiap detak jantung Habib Kribo.

“Zen Assegaf adalah satu dari beberapa yang amat berjasa kepada saya sejak pulang ke Tanah Air dan punya saham dalam kehidupan saya sejak menginjakkan kaki di Cililitan Kecil sekitar 20 tahun silam. Saya takkan mampu menebus kedermawanan pria yang dikenal pemberani ini,” ungkap Habib Bakar.

Saat menjalani profesi akuntan di beberapa perusahaan asing dan sukses dalam karir di usia muda, rumah Zen Assegaf menjadi hotel bintang 5 gratis bagi siapapun dari luar Jakarta yang singgah dan bermalam.

  • Bagikan