Nusantara Kembali Lahir, Nama yang Dikenal Sejak Zaman Nenek Moyang Indonesia

  • Bagikan
Istana Negara di Ibu Kota Nusantara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mengenal nama Nusantara sejak zaman nenek moyang, leluhur Indonesia sudah mengenal nama Nusantara jauh dari peradaban yang sekarang.

Saat ini bukan lagi sebuah istilah, nama Nusantara lahir kembali sebagai nama Ibu Kota Negara Baru di Kabupaten Penajam Panser, Provinsi Kalimantan Timur, atas persetujuan Presiden Jokowi.

Seperti yang dilansir dari wikipedia, arti nama Nusantara sendiri adalah wilayah yang paling strategis di dunia.

“Nusantara terletak di daerah tropika, yang berarti memiliki laut hangat dan mendapat penyinaran cahaya matahari terus-menerus sepanjang tahun dengan intensitas tinggi,” dikutip Fajar.co.id, Rabu (19/1/2022).

“Situasi ini mendorong terbentuknya ekosistem yang kaya keanekaragaman makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan. Lautnya hangat dan menjadi titik pertemuan dua samudera besar”

“Selat di antara dua bagian benua (Wallacea) merupakan bagian dari arus laut dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik yang kaya sumberdaya laut. Terumbu karang di wilayah ini merupakan tempat dengan keanekaragaman hayati sangat tinggi”

Bukan lagi cerita dongeng, arti sebutan (nama) Nusantara adalah bagian seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Wilayah yang sangat strategis, yang mana Masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan hasil Buminya, baik di darat ataupun di laut.

“Kekayaan alam di darat dan laut mewarnai kultur awal masyarakat penghuninya. Banyak di antara penduduk asli yang hidup mengandalkan pada kekayaan laut dan membuat mereka memahami navigasi pelayaran dasar, dan kelak membantu dalam penghunian wilayah Pasifik (Oseania)”

  • Bagikan