Satu Kloter 44 Persen Kena Omicron, Begini Respons Menko Luhut

  • Bagikan
Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menko Marvest Luhut Panjaitan menyebut ada satu kelompok terbang (kloter) yang penumpangnya 44 persen kena Omicron.

Luhut Panjaitan mengatakan hingga saat ini kasus varian Omicron terus bertambah dan mayoritas kasus atau yang terinfeksi virus ini berasal dari luar negeri.

Menko Luhut mengatakan, terdapat laporan sebanyak satu kelompok kloter asal luar negeri yang di mana 44 persen dari rombongan tersebut terpapar Omicron.

“Mengenai omicron itu, saya kira kemarin angkanya udah lebih 1.000 dan tadi saya baru dapat laporan lagi bahwa banyak yang datang dari luar negeri. Ada tadi satu kelompok, satu kloter itu 44 persen itu kena Omicron atau Covid,” kata Menko Luhut dalam keterangan resmi, Rabu (19/1/2022).

Melihat kondisi itu, Menko Luhut meminta sekaligus mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak berpergian keluar negeri terlebih dahulu, dan tetap membatasi aktivitas di luar rumah.

“Ini semua sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo mengenai langkah dan upaya pemerintah Indonesia menghadapi virus omicron atau Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Menko Marves, kasus positif karena Varian Omicron di mancanegara terus bertambah dan semakin tinggi.

“Sampai sekarang ini Omicron yang terbanyak di Indonesia dari luar. Saya ulangi, sampai kemarin itu omicron terbanyak itu dari luar nengeri,” pungkasnya. (pojoksatu/fajar)

  • Bagikan