Ahok Tidak Memenuhi Syarat, Wali Kota Makassar Danny Pomanto Siap Jika Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala Otorita IKN

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) membocorkan kriteria calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi inginnya sosok tersebut punya latar belakang arsitek dan pernah memimpin daerah.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Jokowi dalam audiensi bersama sejumlah pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Siapa sosok tersebut? Beberapa nama santer mencuat jika disesuaikan dengan keinginan Jokowi tersebut.

Salah satunya Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Danny demikian ia biasa disapa merupakan kepala daerah berlatar belakang arsitek dan mantan dosen jurusan arsitektur di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Saat ini Danny sedang fokus mengemban amanah sebagai Wali Kota Makassar untuk periode kedua.

Danny Pomanto mengaku telah mendengar informasi itu. Ia pun siap jika memang Presiden Jokowi menunjuknya menjadi kepala otorita IKN.

“Saya ini orang yang selalu siap kalau negara memerintahkan, tapi dilihat nanti, karena belum tentu di kita, kalau saya kerja sajalah. Kita tidak boleh merasa geer, saya siap apapun, selama negara memanggil,” tegas Danny di Makassar, Jumat (21/1/2022).

Meski telah membocorkan kriteria yang diinginkan namun sampai detik ini belum jua diputuskan siapa yang bakal menjadi kepala otorita.

Menurut Danny, kepala otorita yang levelnya setara dengan menteri merupakan hak prerogatif presiden yang tidak bisa diganggu gugat.

  • Bagikan