Bangun Generasi Umat, Erick Thohir Intruksikan Zakat di BUMN Dikelola BAZNAS

  • Bagikan
Menteri BUMN Erick Thohir .Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan kepada seluruh perusahaan di bawah BUMN untuk program zakat disalurkan melalui lembaga resmi Pemerintah, yaitu Badan Amal Zakat (BAZNAS).

Menurut Erick Thohir, jika zakat dikelola sendiri-sendiri tidak akan terlihat hasilnya, hingga perlu ada lembaga resmi Pemerintahan seperti Baznas untuk mengelolanya.

“Kita itu membangun sendiri-sendiri, setetes-setetes tidak jadi apa-apa, mengenai zakat saya ingin dikonsolidasikan kepada ahlinya, yakni dari Baznas. Kalau masalah zakat ini kita serahkan kepada ahlinya, saya tidak mau zakat ini dikelola sendiri-sendiri dan tidak terlihat hasilnya,” kata Erick Thohir saat audensi dan silaturahmi dengan pimpinan BAZNAS-RI di Kantor Kementerian BUMN yang beberapa hari kemarin.

Dikatakan Erick Thohir, alasan Kementerian BUMN menyerahkan pengelolaan zakat ke BAZNAS karena itu bagian dari tugasnya, serta menjadi keseimbangan dan pembangunan generasi umat ke depan.

“Secara undang-undang BAZNAS ini memiliki tupoksinya yang bisa menjalankan, bagaimana zakat ini menjadi keseimbangan dari pembangunan generasi umat yang hari ini masih menjadi tantangan terbesar,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini melanjutkan, berdasarkan Undnag-undnag (UU) pengelolaan zakat adalah BAZNAS, hingga sangat tepat zakat di BUMN dikelola oleh BAZNAS yang model penghimpunannya melalui payroll system, sehingga manfaatnya akan lebih dirasakan masyarakat yang membutuhkan.

  • Bagikan