Menkes Izinkan Pasien Omicron Isolasi Mandiri di Rumah, Begini Syaratnya…

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin secara resmi telah mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor HK.02.01/MENKES/18/2022.

Surat edaran tersebut berisi tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 varian Omicron yang diterbitkan sejak (17/1/2022).

Salah satu isi yang ada di dalam edaran itu yakni pasien Omicron dengan tanpa gejala dan juga gejala ringan diizinkan untuk menjalani isolasi mandiri.

Akan tetapi hal tersebut hanya akan boleh diberlakukan apabila sudah memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

“Pada kasus konfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala atau asimptomatik, isolasi dilakukan selama minimal 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi,” bunyi poin 1 huruf b.

Jika ada kasus konfirmasi Covid-19 dengan gejala, maka akan dilakukan isolasi selama 10 hari sejak muncul gejala ditambah dengan sekurang-kurangnya tiga hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

Adapun syarat klinis dan perilaku yang harus dipenuhi adalah berusia di bawah 45 tahun, tidak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar.

Adapun syarat rumah dan peralatan pendukung lainnya di antaranya dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah; ada kamar mandi di dalam rumah terpisah dengan penghuni rumah lainnya, dan dapat mengakses pulse oksimeter.

  • Bagikan