Selain Ridwan Kamil, Danny Pomanto Masuk Kriteria Calon Kepala Otorita IKN Nusantara

  • Bagikan
Ridwan Kamil dan Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Teka-teki calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sedikit terkuat.

Presiden Joko Widodo menginginkan calon pemimpin IKN Nusantara adalah mantan kepala daerah dan memiliki larat belakang arsitektur.

“Kalau saya penginnya orang yang punya latar belakang arsitek dan pernah memimpin daerah. Tapi itu kan keinginan saya,” ungkap Jokowi, Kamis (20/1/2022).

Di Indonesia, ada beberapa nama kepala daerah yang berlatar belakang arsitektur. Seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Ridwan Kamil adalah alumni Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung dan Master of Urban Design University of California, Berkeley.

Beberapa karyanya seperti Museum Tsunami Aceh, Marina Bay Waterfront Singapura, sampai Ningbo Newtown Tiongkok. Di Makassar, salah satu karyanya adalah Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

Sementara Moh Ramdhan Pomanto atau lebih dikenal Danny Pomanto merupakan alumni Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas).

Hasil desainnya bisa disaksikan penduduk Makassar. Antara lain renovasi Masjid Raya Makassar medio 1999-2005, gedung Private Care Center RS Wahidim Sudirohusodo, pengembangan gedung kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Barombong, revitalisasi area Pantai Losari, pembuatan Pantai Akkarena, Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI), dan masih banyak lagi.

Tak cuma itu, rancangan Danny juga ada di luar Makassar. Seperti Menara Persatuan Sulawesi Tenggara di Kota Kendari, Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Kantor Gubernur Gorontalo, masterplan Ambon Waterfront City, masterplan Teluk Palu (Sulawesi Tengah) serta pengembangan Teluk Pacitan (Jawa Timur). Total ada lebih dari 600 karya yang tersebar di 71 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

  • Bagikan