Bikin Iri, Anies Baswedan Pamer Kemegahan JIS di Makassar, Kota Tanpa Stadion Sepakbola

  • Bagikan
Anies Pamer Kemegahan Jakarta Internasional Stadium di Makassar. (Ikbal/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Warga Jakarta boleh berbangga hati. Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebentar lagi diresmikan.

Stadion bertaraf internasional ini merupakan salah satu stadion termegah di tanah air dengan berbagai fitur yang dimiliki.

Kemegahan stadion berkapasitas 82 ribu kursi penonton itu dipamerkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengisi dialog di salah satu hotel di Makassar, Sabtu (22/1/2022).

Bak bumi dan langit, di Makassar Stadion Mattoanging kini rata dengan tanah. Proses pembangunan belum menunjukkan progres. Bahkan proses tendernya kini gagal.

Satu stadion lainnya, Stadion Barombong hingga kini belum jelas proses penyelesainnya.

Anies menyebut, Stadion JIS menyesuaikan dengan iklim di Indonesia sehingga ada fitur buka tutup untuk atapnya. Sehingga musim panas bisa digunakan, begitupun musim hujan.

“Di khatulistiwa tidak bisa bermain sepakbola di jam 10 pagi, jam 2 siang kenapa tidak ada pemain yang tahan sinar matahari sekuat khatulistiwa,”katanya.

Dengan atap yang bisa buka tutup, Anies yakin tidak ada lagi keterlambatan masyarakat untuk melaksanakan salat maghrib. Sebab pertandingan tidak hanya digunakan malam saat waktu salat.

“86 persen penduduk Indonesia beragama muslim. Jadi nanti pertandingan siang, tidak perlu jam 7 malam, selama ini kenapa jam 7 malam karena tidak bisa siang,”ungkap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menjelaskan, fungsi stadion JIS bukan hanya olahraga, tetapi keagamaan, sosial maupun seni.

  • Bagikan