Cucu Raja Bone Jabat Pangdam XIV Hasanuddin, Andi Fahsar Padjalangi: Tulen 100 Persen dari Andi Mappanyukki

  • Bagikan
Mayjen TNI Andi Muhammad

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan perombakan di internal TNI. Termasuk Pangdam XIV Hasanuddin. Dari Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno ke Mayjen TNI Andi Muhammad.

Jenderal Andika mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dalam keputusan tersebut sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI, dan ada sejumlah Panglima Kodam (Pangdam) yang dirotasi untuk menduduki jabatan baru.

Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno diangkat dalam jabatan baru sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan). Sementara penggantinya Mayjen TNI Andi Muhammad yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIV Hasanuddin.

Siapa Andi Muhammad? Dia merupakan cucu langsung dari Raja Bone ke 32, Andi Mappanyukki.

Hal itu diutarakan langsung oleh Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi saat ke Bumi Arung Palakka 2020 lalu.

Menurut Fahsar, Andi Muhammad ini bukan sekadar simbol Bone, melainkan isi dari Bone. Sebab, Andi Mappanyukki salah satu raja yang kharismatik yang memiliki banyak kenangan yang luar biasa dengan terbangunnya masjid raya di Bone yang menjadi masjid terbesar pada zamannya.

Di samping menjadi raja, sekaligus menjadi bupati bone. Dia pulalah yang memimpin raja-raja di Sulsel untuk bersatu dan bergabung dengan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) pada tahun 1950.

  • Bagikan