Cerita Mantan Ajudan Bung Karno Sidarto Danusubroto : Ibu Merdeka Tokoh Pemersatu Bangsa

  • Bagikan
Ajudan Bung Karno Sidarto Danusubroto Mendampingi Bung Karno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ajudan Bung Karno Sidarto Danusubroto melihat sosok Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sebagai tokoh nasional karismatik dan pemersatu bangsa.

Sidarto telah mengenal sosok Megawati puluhan tahun yang lalu. Diceritakan saat acara “Sikap Hidup Merawat Pertiwi: Panjang Umur Ibu Megawati” dalam rangkaian acara milad ke-75 Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan HUT ke-49 PDIP. 

Sidarto bercerita awal mula pertemuannya dengan Megawati, ketika dirinya diberi kepercayaan sebagai ajudan Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno.

“Interaksi saya dengan Mbak Mega dimulai ketika saya diberi kepercayaan menjadi ajudan Bung Karno. Saya merasa sebagai orang yang sangat beruntung, karena berkesempatan dekat dengan Bung Karno, tokoh yang sangat saya hormati dan kagumi. Sejak 6 Februari 1967, saya mendapat tugas menjadi ajudan Bung Karno,” kata Sidarto melalui tayangan akun Youtube PDIP, Minggu (23/1/2022).

Di matanya, sosok Megawati masih amat diperlukan di Indonesia maupun PDIP untuk menjaga soliditas partai. Sidarto berujar yang terpenting bagi Megawati adalah sepanjang republik ini berdiri, PDIP harus tetap ada sebagai salah satu partai penjaga republik Indonesia.

“Bu Mega tokoh nasional dan pemimpin kharismatik, sekaligus merupakan tokoh perekat dan pemersatu. Keberadaan beliau masih sangat dibutuhkan untuk menjaga soliditas partai,” tutur Sidarto.  (riki/fajar)

  • Bagikan