Jahat, Pasutri Asal Bantul, Jual Bakso Mentah Ayam Tiren di Pasar Yogyakarta

  • Bagikan
Ilustrasi Jual Ayam di Pasar

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA —

Sepasang suami istri paruh baya berinisial MHS dan AHR, warga Jetis, Bantul diamankan jajaran kepolisian resor setempat usai diduga menjual bakso mentah berbahan dasar bangkai ayam atau biasa disebut ayam tiren alias mati kemarin.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan menerangkan, mereka ditangkap setelah petugas menggerebek kediaman kedua pelaku belum lama ini. Aksi MHS dan AHR terendus setelah masyarakat melaporkan adanya temuan bangkai daging ayam di tempat penggilingan, Pleret, Bantul.

“Kami lakukan penyelidikan dan akhirnya mengetahui ayam (daging bangkai di penggilingan) tersebut adalah milik tersangka. Dikembangkan kemudian mendapati barang bukti di rumah tersangka di Jetis,” kata Ihsan di Mapolres Bantul, Senin (24/1).

Di kediaman tersangka, polisi juga menemukan 2 unit freezer untuk menyimpan bangkai daging ayam, mesin pembuat adonan bakso, serta genset. Adapun barang bukti yang telah diolah menjadi bakso dan telah dikemas dalam berbagai ukuran plastik.

Kata Ihsan, kedua tersangka ini setiap harinya dengan bahan dasar 35 kilogram ayam tiren dan peralatannya mampu mengolah dan memproduksi kurang lebih 75 kilogram bakso mentah.

“Pelaku juga menyampaikan bahwa hasil produksi ini dijual di 3 pasar besar di Kota Yogyakarta. Yaitu, Pasar Demangan, Pasar Kranggan, dan Pasar Giwangan,” urai Kapolres.

Dari hasil menjual bakso berbahan dasar ayam tiren ini, kedua tersangka mampu meraup keuntungan bersih Rp500 ribu seharinya. (riki/fajar)

  • Bagikan