Jokowi : Impor Hanya buat Rakyat Dirugikan

  • Bagikan
Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA —

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter atau (DME) di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, Senin 24 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan bahwa dengan melakukan hilirisasi ini, Indonesia bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Pasalnya dengan terus menerus melakukan impor, hal itu hanya merugikan masyrakat karena tidak terciptanya lapangan pekerjaan.

“Tapi memang kita ini sudah berpuluh-puluh tahun nyaman dengan impor, ada yang nyaman dengan impor. Memang duduk di zona nyaman tuh paling enak. Udah rutinitas terus impor, impor, impor, enggak berpikir bahwa negara itu di rugikan. Rakyat dirugikan karena tidak terbuka lapangan pekerjaan,” kata Jokowi, Senin, 24 Januari 2022

Menurut Jokowi, dengan adanya proyek ini, dapat menyerap banyak tenaga kerja. Ada sekitar 11 ribu sampai 12 ribu lapangan pekerjaan yang tersedia apabila proyek ini berjalan nantinya. “Kalau ada 5 Investasi seperti yang ada di hadapan kita ini, 70.000 lapangan pekerjaan akan tercipta. Itu yang langsung. yang tidak langsung biasanya dua sampai tiga kali lipat,” tambahnya.

Inilah Kenapa saya ikuti terus, saya kejar Terus, tadi juga sebelum masuk ke sini saya kumpulkan semua yang berkaitan dengan ini untuk memastikan bahwa ini selesai sesuai yang disampaikan oleh air products dan juga tadi menteri investasi 30 bulan,” kata Jokowi. (riki/fajar)

  • Bagikan